Sabtu, 12 Desember 2009

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK ………..

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK ………..

Memilih waktu yang tepat untuk memperoleh

keuntungan terbaik dalam berbagai situasi.

OLEH : RESPATI WULANDARI

SUMBER : MAJALAH READER’S DIGEST JANUARI 2005

SIAPA, SIH, yang tidak iri melihat orang mujur? Nasib baik sepertinya selalu berpihak kepada mereka. Tapi, pernah­kah Anda berpikir, bah­wa keberuntungan itu sebenarnya didapat hanya karena mereka mela­kukan sesuatu, di waktu yang tepat? Coba bayangkan, dengan memilih waktu yang tepat, kita bisa menghin­dari antrean panjang di supermarket, atau membeli mobil dengan harga yang paling menguntungkan. Tak ha­nya itu, dengan memperhitungkan waktu, kita pun dapat meningkatkan kualitas hidup. "Kita pasti lebih ingin menghabiskan waktu di rumah ber­sama keluarga, ketimbang antre di su­permarket, bukan?" kata Tracy LynMoland, penulis Mom Management.

Ssst, beberapa ahli membocorkan tip-tipnya di sini. Anda bisa mengeta­hui, kapan waktu yang paling tepat untuk membeli sepatu, menyewa jasa tukang untuk merenovasi rumah, atau membeli mobil dengan harga miring.

Mungkin, kini giliran Anda untuk jadi Si Untung?

Rapat di Senin atau Selasa, antara pukul 09.00 - 11.00

"Di awal minggu, orang cenderung memiliki semangat baru," kata Julia Napitupulu dari Experd. Menurut Julia, mereka yang biasa bekerja pa­da pukul 09.00 - 17.00 cenderung memiliki energi yang tinggi mulai pukul 09.00 - 11.00. setelah itu menu-run ketika sudah mendekati jam ma­kan siang.

Rapat setelah makan siang? Mu­lailah pukul 14.00, "karena satu jam setelah makan siang, seseorang akan mengalami fase penurunan terlebih dahulu akibat reaksi karbohidrat, se­hingga mudah mengantuk," jelas Ju­lia. Hindari mengadakan rapat di hari jumat. Selain harinya pendek, mood dan pikiran seseorang biasanya sudah berada di weekend.

Beli mobil di akhir bulan

"Diler-diler mobil, khususnya mobil bekas, cenderung memberikan harga yang lebih murah di akhir bulan, karena mengejar target penjualan," kata Riana Sinaga dari Mobil 88.

Pada awal tahun, harga mobil baru dipastikan mengalami peningkatan, kata Andri dari Astrido Toyota Pondok Indah. Biasanya diler resmi telah me­nentukan harga tetap. Tapi untuk men­dapatkan harga terbaik, tidak ada sa­ I a h n y a mencari informasi di internet, atau ber­tanya ke beberapa diler. Saat membeli mobil, tanyakan pelengkap apa saja yang bisa Anda dapatkan - kaca film, alarm, footstep, radio/tape, dan lainnya.

Bell furniture di November atau Desember

Menjelang hari raya, Natal, dan tahun baru, biasanya showroom mebel ramai dikunjungi. "Barang yang paling di­minati adalah satu set meja makan dan sofa, sehingga penjual mebel biasa me­nyetok lebih banyak dengan model yang lebih beragam," papar Anton Ha­kim, pemilik bengkel mebel dan de­sain interior Dwi Berkat Jaya, Kelapa Lading, Jakarta Utara.

"Untuk pabrik-pabrik mebel besar, biasanya mereka menggelar sale men­jelang hari raya, untuk merebut pasar," tambah Anton. "Di akhir tahun, pabrik-­pabrik besar juga sering menggelar sale untuk menjual barang-barang stok lama yang belum laku terjual."

Bell daging dan sayur pukul 06.00-07.00 di pasar tradi­sional, pukul 10.00-11.00 di pasar swalayan dan hypermarket.

"Pasokan daging dan sayuran segar selalu dikirim setiap pagi, baik di pasar
tradisional maupun swalayan dan hy‑ permarket," kata Nani
Bagus, Manager Pelaksana Dapur Uji Femina.

Untuk memasti­kan bahwa daging yang Anda beli masih segar, pilih daging berwarna merah cerah khas daging segar, dengan aroma khas daging segar. Jangan beli daging dengan bercak­-bercak kehijauan atau kehitaman, serta aromanya tidak sedap.

Agar sayuran yang Anda beli lebih tahan lama, bungkus sayuran dengan tisu dapur sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Bisa juga dimasukkan ke dalam plastik yang dilubangi di be­berapa tempat, baru disimpan di tem­pat buah dan sayur dalam lemari es.

Renovasi rumah di musim ke­inarau, April - Juli/Agustus

Renovasi rumah sebaiknya dilakukan di akhir musim kemarau, menjelang musim hujan, agar pekerjaan tidak terganggu oleh hu­jan, saran Anton Hakim dari Dwi Berkat Jaya. Per­hatikan lamanya waktu renovasi yang dibutuhkan. Bila renovasi rumah memerlukan waktu berbulan-bulan, perhitungkan agar pekerjaan itu selesai sebelum musim hujan tiba.

Beli Rumah di bulan Februari/ Maret, Juni/Juli, atau November/Desember

Di awal tahun, biasanya harga rumah mengalami peningkatan, karena permintaan ter­hadap rumah juga mening­kat, jelas Hi­ronimus Yo­hanes, Manajer Pemasaran Damai Putra Group, de­veloper perumahan Harapan Indah, Bekasi. Empat bulan kemudian, seki­tar bulan April, biasanya harga rumah cenderung meningkat 10%. "Pembe­lian rumah akan menurun di bulan Juni-Juli, pada saat anak-anak masuk sekolah, dan meningkat kembali di Agustus," ujar Hironimus.

Beli parfum di siang/sore hari

Indera penciuman kita akan bekerja maksimal pada siang dan sore hari. Parfum akan menghasilkan wangi yang berbeda pada tiap orang. Untuk mencermati
wangi asli parfum yang disemprotkan pada tubuh Anda, tunggu sekitar sepuluh
menit.
Jangan mencoba lebih dari dua wewangian dalam satu hari, karena
akan menyebabkan indera penciuman kita tidak bekerja dengan maksimal.

Beli kacamata di pagi hari

"Mata kita masih segar di pagi hari, sehingga hasil pemeriksaan mata se­belum membeli kaca mata lebih aku­rat," kata Umayah dari Optik Seis. Untuk memperoleh harga yang lebih murah, optik-optik biasanya memberikan harga paket frame dan lensa. Menjelang hari Raya, Natal, Tahun Baru, dan hari kemerdekaan, biasanya optik-optik juga memberi diskon khusus..

Beli bunga potong di pagi hari

"Suplier bunga potong biasanya mengi­rim bunga-bunganya di pagi hari," jelas Ade dari Butikbunga.com. Jadi Anda bisa mendapat bunga lebih segar de­ngan pilihan yang lebih banyak.

Agar bunga potong tahan lama, le­takkan pada vas berisi air. Ganti airnya setiap hari. Letakkan rangkaian bunga di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung agar tak mu­dah layu. Untuk menghindari tangkai bunga membusuk, potonglah tangkai bunga terbawah kira-kira sepanjang 1 cm setiap hari.

Berlibur di Janauri sampai Mei

Pada periode tersebut, biro perjalan­an, hotel, dan perusahaan penerbang­an biasanya memberikan harga yang lebih murah. Low seasons biasanya dimulai beberapa hari setelah tanggal 1 Januari. "permintaan untuk berlibur berkurang mulai bulan Ja­nuari, karena orang-orang telah menghabiskan waktu dan uang un­tuk berlibur di akhir tahun," kata Dian, dari Bayu Buana Travel. Harga akan meningkat di bulan Juni-Juli karena memasuki masa-masa libur­an sekolah. n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar