Selasa, 20 Juli 2010

Teknologi Canggih di Kaus Sepak Bola Nike

Nike,produsen alat sepatu,busana dan alat-alat olahraga,membuat seragam sepak bola yg 100% berbahan dasar serat polyester sintetis! ini serat istimewa karena dibuat dari limbah botol mineral plastik yg sangat sulit diurai alam.

kostum plastik ini dipakai dalam event akbar Piala Dunia FIFA lalu oleh 9 tim nasional yg disponsori ole Nike(Brasil,Belanda,Portugal,Amerika Serikat,Australia,Selandia Baru,Serbia,Korea Selatan,Slovenia)
Spoiler for Nike 2010 World Cup Kits:


Spoiler for Nike "8 Recycled Plastic Bottles: 1 Football Shirt":



Menurut Nike,satu set kostum yg mereka produksi terbuat dari 8 botol mineral plastik berkapasitas 600 mililiter. untuk memasok baju bagi sembilan tim nasional,serta memproduksi replika kostum untuk para suporternya,perusahaan asal AS itu telah mendaur ulang 13 juta botol plastik! Mereka mendapatkanbotol-botol plastik bekas itu dari para pemasok di Jepang dan Taiwan. Sekadar informasi:jika jutaan botol tsb dikumpulkan,akan sanggup menutupi 29 lapangan sepak bola. Lalu,jika dibaringkan berjejer,panjang botol-botol itu akan setara dengan 3.000 kilometer atau lebih panjang dari seluruh garis pantai Afrika Selatan!

Teknologi Dri-fit
Spoiler for Dri-fit:
Left Replica,Right Original

Nike Swoosh Logo

Dri-fit Logo

pada jumpa pers di Battersea Power Stadion,London,Inggris beberapa waktu lalu, Creative Director Football Nike,Phil Dickinson menjelaskan lebih lanjut soal produksi kostum canggih ini."Botol plastik terbuat dari bahan dasar polyethyline dan polypropylene. nah,dengan teknologi penguraian kimia,kami mengubah bahan-bahan itu menjadi serat polyester" ujarnya lugas."pastinya bahan kostum ini aman karena lulus standar Eropa!"
Kemudian ia menjelaskan soal teknologi dri-fit yg diterapkan pada kostum tsb. "teknologi ini memungkinkan badan pemakainya tetap sejuk.di kostum ini ada zona-zona ventilasi terdiri dari ratusan lubang mikro(lazer cut holes), yang memungkinkan udara mengalir. Letaknya di kedua sisi bawah ketiak hingga ke pinggul",papar Dickinson.
"namun yg lebih penting,bahan polyesternya dirancang tidak menyerap keringat,melainkan mengalirkna keringat keluar melalui pori-pori,kemudian membuatnya menguap dgn cepat.Dengan kostum yg relatif tetap kering,suhu pemain dijaga tetap optimal sehingga mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya".
kostum ini juga sengaja dibuat lebih lentur,lebih ringan (15% lebih ringan daripada kostum sepak bola produksi nike pada umumnya),serta terasa lembut di kulit.ini merupakan nilai plus.tahukah anda,umumnya pakaian berbahan dasar polyester terasa kasar dan agak berat ketika dipakai karena tujuan utamanya yaitu mengurangi kusut pada kain.






http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4757114

Tidak ada komentar:

Posting Komentar