Minggu, 21 Maret 2010

Bangunan-Bangunan dari Kontainer Bekas


Ini dia gan bangunan-bangunan yang terbuat dari kontainer bekas



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------



• Hotel pertama di dunia yang menggunakan kontainer sebagai bahan dasarnya

Spoiler for :
Quote:



Hotel di London ini mungkin tidak atau kurang terlihat "wah" dibandingkan dengan hotel lainnya tapi anda pasti terpukau bila sudah tau dari bahan apa hotel ini dibuat. Travelodge Hotel adalah hotel pertama di dunia yang menggunakan shipping container sebagai bahan dasarnya. Karena menggunakan container ini maka pembangunan hotel ini 25% lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan bahan bangunan pada umumnya. Dan bila seandainya harus dibongkarpun, sebagian material (terutama container itu sendiri) dapat digunakan kembali. Hotel ini terdiri dari 120 kamar yang masing-masing kamar berukuran 5×3 m. Setelah hotel ini selesai, mereka juga akan membuat hotel yang sama dengan jumlah kamar yang lebih banyak yaitu 307 kamar di Heathrow.









• Gedung perkantoran dengan kontainer bekas

Spoiler for :
Quote:

Ini mungkin akan menjadi inspirasi bagi para kontraktor atau pemilik lahan dalam meningkatkan penghasilannya tetapi di satu sisi juga peduli terhadap lingkungan. Box Office adalah sebuah gedung perkantoran berlantai 3 yang terbuat dari kontainer bekas. Sama dengan gedung perkantoran lainnya, gedung ini juga disewakan untuk siapa saja yang membutuhkan ruang kantor.


Box Office dibangun dengan menggunakan 32 kontainer bekas yang dulunya hanya menjadi "penghuni" tempat sampah. Box Office terdiri dari 12 ruangan kantor yang ukurannya mulai dari 60 m2 sampai dengan 237 m2 dengan harga sewa mulai US$ 12.000 per tahunnya.





• Rumah dari kontainer khusus untuk orang yang suka berpindah-pindah

Spoiler for :
Quote:



Rumah ini dibuat dari sebuah kontainer bekas yang memang sedang menjadi tren dan alternatif rumah murah tetapi perusahaan pembuatnya menjual rumah ini khusus bagi kaum nomaden, orang yang suka pindah-pindah tempat. Rumah kontainer yang diberi nama Port-A-Bach ini mempunyai ukuran luas 6,1 x 2,4 m yang dapat dihuni sampai 4 orang dewasa. Dan karena memang ditujukan untuk berpindah-pindah, disainnya sendiri tidak memerlukan instalasi seperti pipa dan lainnya. Perusahaan pembuat Port-A-Bach juga menerima order/ disain berdasarkan keinginan si pembeli.









• Rumah kantor dari kontainer bekas

Spoiler for :
Quote:

"There's a will, There's away" (ada kemauan pasti ada jalan), itu orang tua kita sering bilang. Jadi kalau anda punya lahan tanah yang kecil dan uang tidak cukup, bukan berarti anda tidak bisa membuat rumah yang keren dan nyaman. Sebuah perusahan aksitek kecil, Sculp(IT) yang hanya mempunyai lahan sempit berhasil membuat sebuah kantor plus rumah (rukan) yang nyaman dengan biaya minimal karena (sekali lagi) menggunakan kontainer bekas.


Dengan ukuran lebar lahan yang kurang dari 2,4 m dan terletak diantara 2 bangunan lainnya, mereka berhasil menyelipkan rumah kontainer ini dan menyulapnya menjadi sebuah rumah kantor yang keren. Terdiri dari 4 lantai dan masing-masing lantai mempunyai fungsi utama seperti ruang kerja, ruang makan, tempat tidur dan terkahir (ini yang paling keren) adalah sebuah bathtub yang diletakkan di atas ruang terbuka di lantai paling atas. Bagian dinding depannya juga menggunakan kaca sehingga memberi kesan lapang dan pastinya enak untuk melihat pemandangan di luar sana.






• Gedung olahraga dengan bahan dari kontainer bekas

Spoiler for :
Quote:



Setelah rumah, kantor dan gudang yang dibangun menggunakan container bekas, kini saatnya sekolah juga ikut berpartisipasi dalam meneyelamatkan bumi yang tercinta ini. Sebuah gedung olahraga di sebuah sekolah di London dibangun dengan menggunakan kontainer bekas dan hebatnya, hanya butuh waktu 3 hari untuk membangun gedung olahraga tersebut. Gedung olahraga ini dibangun dengan biaya £ 1.500.000 dimana biaya tersebut lebih murah 50% dibandingkan dengan gedung olahraga sejenis yang dibangun dengan cara normal. Gedung ini dibangun oleh SCABEL Architects and Urban Space Management.









• Kotak kontainer bekas menjadi ruang serba guna

Spoiler for :
Quote:

Greetainer Project adalah proyek pembuatan sebuah kontainer yang diubah menjadi sebuah ruang yang serba guna atau bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Kontainer yang digunakan adalah kontainer dengan ukuran 40 kaki (foot) dengan tinggi 2,7 meter. Berbeda dengan pemanfaatan kontainer sebelumnya, kontainer yang satu ini memasang panel surya di bagian atasnya sehingga bisa menghasilkan sumber listrik sendiri.


Selain itu, kontainer ini juga bisa dipindah kemanapun untuk digunakan berbagai macam keperluan serta bagian dindingnya yang diganti dengan kaca jendela untuk mengurangi kesan "kontainer" itu sendiri. Uniknya, bagian lantai dalamnya menggunakan lantai dari rumput sintetis (synthetic grass) untuk menambah kesan "hijau" yang lebih dalam.




http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2697418

Tidak ada komentar:

Posting Komentar