Senin, 18 Januari 2010

Mau Tau Hal-hal teknis yang bikin bensin boros

1. Cek Tekanan Ban
Sepele sih, tapi besar manfaatnya dalam menekan konsumsi bensin, karena kalau tekanan angin berkurang, sesuai riset, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%, hal itu disebabkan oleh koefisien gesekan yang diperoleh antara ban luar karet dengan aspal semakin besar bila ban kempes. jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

2. Cek Kondisi Roda
Roda yang dimaksud adalah kesatuan dari Velg, Gir, Rantai, Ban luar, Band dalam. jadi yang perlu diperhatikan adalah Seperti kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya sesuai, bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing roda aus, atau kurang pelumasan.

3. Atur jarak Main Rem
Sebab, bila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Oleh sebab itu, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang. minimal 1/3 dari jarak main tuas secara keseluruhan. Selain itu, jangan terlalu rapat, karena dikawatirkan kampas rem jeda menempel

sumber : http://www.star8online.com/archives/484

Tidak ada komentar:

Posting Komentar