Selasa, 02 Februari 2010

Mengintip Pabrik Perakitan Ferrari

Ferrari, siapa pria di dunia yang tidak tahu akan salah satu merk mobil paling prestisius di dunia ini. Mobil dengan simbol kuda hitam jingkrak ini, adalah salah satu merk mobil yang menjadi idaman pria-pria mapan.

Spoiler for symbol Ferrari:



Lokasi perakitan Ferrari berada di Maranello, Italia. Di lokasi pabrik inilah, seluruh pesanan mobil-mobil bertenaga super dari seluruh milyader di dunia dibuat. Perakitan Ferrari sangat dijaga kualitasnya, dan lebih banyak mengandalkan tangan manusia dalam perakitannya.

Spoiler for Pabrik Ferrari di Maranello:

Sambutan dari Chairman-nya Ferrari, Luca di Montezemolo, kalo kita main ke pabrik Ferrari gan


Spoiler for AWAS BW KILLER !!!:



Nah, sekarang mari kita intip proses perakitannya, dari mulai pemilihan bahan bakunya gan ...

Spoiler for Perakitan:


Batangan aluminium ditumpuk di tempat penuangan logam, dimana batangan-batangan ini nantinya akan dilebur untuk membuat blok mesin Ferrari.


Material yang ringan dan kuat, mencakup aluminium, magnesium dan selenium adalah campuran dasar untuk chasis Ferrari.


Cetakan logam (sand casting) yang digunakan untuk mencetak part mesin Ferrari.


Cylinder head mesin Maserati V-8 didorong keluar dari tungku sandblasting.


Walaupun terlihat tanda “12-cylinder team” pada faktanya baik mobil bermesin V-8 dan V-12 dirakit pada line ini, seperti yang dilakukan pada 360 Modena (tipe yang ada di gambar ini). Hanya mobil bermesin V-8 yang benar-benar dirakit pada line mesin 8 silinder. Produksi Ferrari sebanyak 75% adalah mesin V-8, dan sebanyak 25% adalah mesin V-12.


Mesin Ferrari V-8 yang dipajang dalam penantiannya untuk diuji. Semua mesin Ferrari dites dan kesemuanya dites pada track balap maupun jalanan biasa.


Mobil Ferrari Enzo memiliki line produksi khusus. Tampak di belakang sekali, adalah area dimana kursi dan pedal dibuat khusus sesuai pesanan konsumen. Kalo yang ini favorit ane gan


Karena mesin-mesin dirakit pada bagian belakang stasiun perakitan pertama (pada gambar ini posisi mobil paling kiri adalah lokasi paling belakang dari stasiun perakitan), mobil-mobil yang bermesin depan bergerak mundur, sementara mobil-mobil yang bermesin belakang bergerak maju.


Bodi aluminium dari tipe 612 Scaglietti dan 360 Modena dibuat di Carrozzeria Scaglietti di Modena, Italia. Setiap bodi mobil diperhalus dengan tangan (keseluruhan dikerjakan dengan tangan).


Dimensi dari pintu dicek dengan tangan gan.


Pengecekan dimensi bodi mobil pada tahap finalisasi dengan bantuan tangan robot.


Decklid belakang dipasang pada bodi 360 Spider. Jigsaw oleh para teknisi Ferrari digunakan untuk penempatan yang tepat dan selaras.


Pengasahan bodi dengan sangat hati-hati, pada bodi 612 Scaglietti yang hampir selesai.


Dashboard Ferrari. Pelanggan bisa memeriksa sendiri kualitasnya sebelum dirakit. Kapan ane bisa ya???



Dan pada akhirnya, setelah selesai perakitan mobil-mobil tersebut lalu dipajang di showroom yang masih berada pada lokasi pabrik.

Spoiler for Showroom Ferrari:


Ngiler gak gan ???



sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3280993

Tidak ada komentar:

Posting Komentar