Selasa, 02 Februari 2010

suka duka HRD

tau kan gan HRD alias Human Resources Department atau Departemen Sumber Daya Manusia. pokoknya ini adalah bagian departemen dari suatu perusahaan yang mengurusi segala bentuk persoalan yang berkaitan dengan sumber daya manusia. ada macam-macam tugas yang berkaitan dengan HRD dari payroll, rekruitment, hubungan industrial, dll.

kebetulan gw setelah lulus kuliah selalu kerja di bagian HRD, khususnya di bagian hubungan industrial, ini adalah divisi yang bergerak untuk menanggulangi segala permasalahan yang berkaitan dengan karyawan, khususnya yang menyangkut hak dan kewajiban karywan. intinya gw "jembatan" komunikasi antara karyawan dan perusahaan. sekarang gw udah pindah dan jadi pegang semua, krn jg organisasinya gak terlalu banyak

ada beberapa kisah yang menarik selama gw kerja disini, khususnya pas gw masih gawe di pabrik :

1. pernah gw jd terlibat kasus perceraian suami istri
suatu hari gw ditelepon ama istri dari karyawan di tempat gw, gw bingung ada maksud apa nyariin gw. ternyata gan, dia malah curhat, jadi si karyawan tersebut tidak pernah nyetor uang gajinya dia ke istrinya, nah tuh dia minta gajinya dia di kirim ke istrinya. lah itu kan urusan pribadi. akhirnya gw ajak ngobrol kan ama tuh karyawan, ternyata dia udah punya istri lagi ! dan dia bermaksud menceraikan istri lamanya. ampun dah. udah tuh istri lamanya pake beking ama pamannya yg aparat, ngancam mo datang ke kantor klo gajinya masih gak disetor ke rekening istrinya. ampun dah. ya udah, akhirnya gw buat pertemuan aja ama semuanya dan gw jelasin klo wewenang gw gak sampe ke masalah pribadi.

2. salah kirim gaji
ini yang paling nyebelin, namanya jg manusia, apalagi klo di pepet ama waktu. data payroll (gaji) kan banyak. pernah gw salah transfer gaji orang ke rekening orang yang baru resign. namanya ampir sama gan. udah, akhirnya gw kontak ke orang tersebut, untung dia masih baik mo balikin, klo gak, potong gaji gw dah.

3. di "incer" masyarakat setempat
dulu pas gw msh di hubungan industrial, salah satu tugasnya menjaga hub dgn masy setempat. nah, gw jadi sering kontak ama pak lurah kan. kebetulan lurahnya itu jagoan setempat gan. nah suatu hari, krn melanggar aturan gw keluarin orang yg merupakan warga situ, dan gw baru tau klo dia tuh keponakan pak lurah. udah, dari kos gw di samperin, di liatian ama orang situ, di ancam sms, haha. tapi gak nyampe ke fisik lah, itukan nyangkut ke police.akhirnya krn sebel, gw samperin aja lurahnya baik-baik, klo tuh keponakan dia memang buat masalah. untung mo ngerti. jadi keponakannya yg kena omel. tp pas kesana, dag dig dug gan

gw juga HRD di BUMN.. nah kalo di t4 gw masalahnya lebih banyak:
1. pensiunan yang masih aja ngarep dapet uang dari perusahaan
ceritanya, pensiunan ini udah pensiun dari tahun 90an dulu.. dia pensiun trus uang pensiunnya diambil sekaligus.. perlu agan2 ketahui, pegawai BUMN beda sama pegawai negeri, uang pensiunnya bukan dibayar oleh negara, tapi dari hasil nabung pegawai itu sendiri selama dia kerja. nah si bapak2 ini udah dibilangin, dijelasin berkali2 dan dikasih bukti kalo uangnya dia udah habis tetep aja ngeyel minta duit.. katanya hak dia masih ada.. soalnya temen2nya masih pada nerima uang pensiun (lah itu karna temen2nya ga ngambil sekaligus semua uang pensiunnya dulu, tapi diambil perbulan utk biaya hidup aja...) pokoknya nyolot banget

2. LSM mengatasnamakan rakyat yang ujung2nya minta duit
gw paling bete kalo ada orang2 sok penting yang datang2 minta sumbangan atau dukungan dengan dalih utk rakyat.. tapi kenyataannya dimakan sendiri.. ini banyak banget kalo ditempat gw.. mereka kadang dengan gaya preman datang ke kantor bawa map dan setumpuk surat2 ga jelas.. bahkan kadang berani nyatut nama pejabat daerah segala (sekelas bupati atau walikota)..

3. pegawai rese tapi punya dukungan kuat dari serikat pekerja
mungkin kalo ditempat lain pegawai model begini udah di pecat dari kapan taun.. di tempat gw ada 1 - 2 orang pegawai bengal yang kerjanya cuma ngerecokin dan nyari gara2.. kenapa ga dipecat? karna dia pegang posisi penting, yaitu kepala atau dedengkot serikat pekerja.. orang2 kaya gini bukan sembarangan tengil, tapi biang kerok yang cerdas.. kalo kita sampai salah ngambil sikap, bisa2 malah kita yang out... pokoknya kudu hati2 dalam berbicara dan bersikap sama orang2 kaya gini.. (kayanya mereka mantan aktivis sampah deh..)

4. kasus rumah tangga pegawai yang sampai dibawa kekantor
(ditempat gw ada pegawai yang suami-istri satu kantor.. bahkan satu ruangan). kalo lagi ada masalah keluarga heboh.. ampe berantem dikantor.. kalo udah begini HRD yang repot.. mesti misahin dan ngejauhin mereka dulu... (gimana mau ngejauhin.. pulang kantor ketemu.. trus besok dikantor jadi berantem lagi deh... )

5. ngadepin orang yang marah2 karna ga dikasih bonus..
padahal udah jelas kinerja dia jelek dan ada buktinya.. maunya mereka yang namanya kerja di BUMN ya sama rata sama rasa.. temennya dapet bonus dia juga mesti dapet.. tapi kalo temennya kerja dia ogah kerja.. dan orang kaya gini susah banget buat disadarin.. mau dipecat?? mendingan dibiarin aja.. karna bakalan jadi makin ribet masalahnya kalo ni orang dipecat..

6. kasus pegawai yang lagi patah hati
ini biasanya dialamin pegawai yang masih muda, mungkin dia baru ditolak atau kalo ga diputusin pacarnya.. trus jadi stress dan nyari gara2 ma rekan kerja lain.. kalo ditanyain baik2 malah nyolot.. di kasi hukuman disiplin sebodo wae.. lama2 diancem mau di Pecat baru mohon2 minta ampun..

7. diancam orang ga jelas.. ampe mau dibunuh katanya...
gw pernah beberapa kali menerima surat kaleng dari orang ga jelas kalo gw bakalan dibunuh.. Alhamdulillah ampe skarang ga ada yang beneran kejadian.. cuma pernah skali gw pulang pas nyampe rumah ternyata rem depan motor gw udah dilonggarin bautnya.. kalo aka gw jalan agak jauh, atau nge rem pas lagi kecepatan tinggi, bisa lepas tu baut & rem jadi blong... Untung gw ga knapa2... serem...

8. dikejar2 orang tua calon pelamar yang ngotot anaknya minta dibantuin masuk kerja..
ini yang paling gw ga suka.. udah dibilang berkali2 kalo gw ga bisa bantu anaknya (secara anaknya goblok dan ga punya skill sama sekali) tetep aja maksain minta anaknya di tes.. udah gw turutin dan ga lulus tes tetep minta dan maksa anaknya dikasih kesempatan... lah gimana gw mau ngasih kesempatan kalo big boss kaga sudi nerima???

5 komentar:

  1. Wahaha..setuju banget tuh. Jadi paraktisi HRD seperti itu kisahnya. Diriku malah sering bahkan terlalu sering kena bentak2an karyawan. Orang sudah tau perusahaan sedang mengalami penurunan omzet, eh nuntut bonus mulu. Untung aja atasanku yang kasie HRD bisa bentak balik tu orang baru deh diem. Soalnya di tempat kerjaku ini kebetulan menjadi karyawan yang paling muda. Makanya mereka2 orang sering banget kalo marah bawa2 umur,padahal kan yang penting kemampuannya bukan umurnya. Diriku sering bgt dibilang bocah kemarin sore,bau kencur,dsb. Tapi ya sudahlah, anggap aja ini ujian mental kaya yang pernah diajarin waktu masuk paskibra di sekolah.hehehe...

    BalasHapus
  2. emang HRD itu penuh suka dan duka, lebih banyak dukanya, sukanya adalah saat menikmati duka itu. tapi sedikit perbaikan bos, HRD itu bukan Human Resources Departement melainkan Human Resources Development, walaupun saat ini banyak kesalahan yg sudah berkembang. makanya ada namanya HR Departement atau Departemen HRD. :)

    BalasHapus
  3. aku lebih parah fren, aku ampir di kroyok orang kampung setempat..gara-gara aku di katakan salah ucapan dengan orang kampung setempat..,tp aku ng mundur karena ucapan ane tsb ng terbukti,tp mereka ngoto bhawa ucapn tsb bnar dan harus bayar sepuluh juta utk acara bersih-bersih kampung..gue lngsung konsul ke big boss,sarann dia di bayar aja,tp gue piukir pake duit sape boos..bos bilang pake duit perusahaan ,sbnarny ane ng iklas utk bayarin,namun bos tetap aja suruh bayar dari pada napa2..,akhirny dgn berat hati gue bayarin...kemudian pas gue udah byarin gue lapor ke kantor polisi dengan dugaan tindak pidana pemerasan,sekaLI LG BOS KATAKAN NG USAH DI PERPANJANG KASUS LG..anggap saja kita kalah judi.. yah akhirnya kasus ini tutup dan jadi pmblajaran pnting utk ane..karena gue harus ati-ati lg..

    BalasHapus
  4. ehm....gw juga.... Jadi HR di perusahaan yg sebelumnya belum pernah ada HR. Jadi gw HR pertama..., yang tadinya ga ada peraturan jadi ada peraturan. Peraturan udah gw sesuaikan sama yg ada di UU, tapi tetep kembali keputusan bod kan ya...., tapi banyak karyawan yang protes. Yg bentak" gw lah, karena kebetulan juga, gw umurnya jauh dari yg lain dan anak baru di perusahaan ini. Jelas" Peraturan Perusahaan kembali kebijakan bos, tapi mereka dibilangin pada susah ngerti...
    jadinya mpe sekarang ada beberapa karyawan yg hubungannya blm harmonis ma ge, gw harus bagaimana ya? ada solusi ga? :(
    mpe ke bawa mimpi pula...

    BalasHapus
  5. Gw juga sama , skarang lagi ngalamin kejadian salah transfer gaji ,
    Dan skarang gw bingung harus gimana ., udah di tlpnin orngnya tp ga di angkat2 .,
    Kira2 ada yg bisa kasih solusi ga ya ??
    Udah ngehubungin pihak bank nya tp pihak banknya ga mau bantu :'(

    BalasHapus