Minggu, 07 Februari 2010

32 Ide2 kreatif yang sering dipakai di dunia IKlan II

KREATIF adalah melihat hal biasa dari sudut pandang yang tidak biasa dan BERBEDA!
Hal yang sering berlaku di dunia periklanan, perfilman, broadcasting, dan sebagainya, kreatif adalah elemen yang menghentak pikiran orang lain untuk tertarik pada satu bentuk ide, kemudian berlanjut untuk mengetahui keseluruhannya.

Elemen yang paling penting dalam sebuah iklan adalah bagaimana caranya agar bisa menarik perhatian orang lain.

Yang mahal dari sebuah iklan adalah cara bagaimana membuat orang mau menengok dulu. Tertarik urusan belakangan, yang penting gimana caranya mau ngeliat dulu. Selanjutnya baru dari pihak orang-orang marketing yang akan membuat calon konsumen itu terikat akan ketertarikan iklan dan akhirnya jadi konsumen.

Iklan, apapun ujung-ujungnya cuma poin-poin yang tersebut di bawah ini. Nggak ada sesuatu yang baru, ide-idenya cuma berkisar pada yang tersebut di bawah ini. Dibahas dari sekian banyak ragamnya, dari cara dan kebiasaan dan cara orang kreatif menarik perhatian yang sering diterapkan dalam bentuk audio, visual, juga keduanya, audio visual.

Contoh di bawah ini lebih ke arah visual karena lebih mudah memasukkan link gambar ketimbang memasukkan link video atau audio, bisa berat loading halaman ini nantinya!

Catatan: Klik gambar untuk memperbesar, bukan diemut

1. Beauty

Hal yang paling mudah adalah menggunakan perempuan cantik. Korelasinya bisa berbanding terbalik, model iklan jadi terkenal karena membintangi produk, sedang produk tersebut belum tentu terdongkrak penjualannya karena dibintangi oleh si model.
Spoiler for cakep:

Contohnya banyak, Elma Theana ngetop setelah membintangi Xon Ce. Pun yang baru-baru ini, Sharena Gunawan jadi ngetop dan main di beberapa sinetron setelah membintangi iklan XL.

Ide yang jadi buah simalakama bila tidak disiasati dengan benar.


2. Famous

Ini juga hal yang termudah, menggunakan bintang terkenal sebagai model iklan. Berusaha menggunakan pendekatan simbiosis mutualisma dan win-win solution dari keterkenalan model iklan, bisa artis, olahragawan, politisi atau siapapun untuk mendongkrak penjualan produk.
Spoiler for cakep:

3. Blank Media

Hal dan bagian-bagian yang banyak kosong sebagai penarik perhatian. Sebuah media iklan memang sengaja dikosongkan dari materi, hanya satu atau sedikit objek yang dimunculkan elemen utama dari keseluruhan media. Kosong itu hanya diisi oleh warna latar belakang tertentunya saja. komposisi yang kering dan layout datar adalah ciri utamanya.
Spoiler for blank:

Kelemahanya, ide ini bila sering digunakan, anggapan awam terhadap orang kreatifnya adalah, "Pasti lagi keabisan ide!"

4. Picture Talks

Tanpa banyak kata, gambar yang berbicara dan menjelaskan.
Spoiler for gambar:


5. Narrative Picture

Gambar yang bercerita. Hampir sama dengan konsep 'Picture Talks', hanya saja pemaknaan cerita di sini lebih menguatkan pada kisah dibalik cerita. Bisa diambil dari visualisasi dongeng, novel, cerita rekaan atau keadaan yang sebenarnya.
Spoiler for gambar:


6. Mix and (not have to) Match

Menggabung-gabungkan hal-hal umum sampai aneh dan janggal yang ditemui di kehidupan. Terkadang, penggabungan yang tidak saling berhubungan justru jadi elemen utama yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:


7. Symbolism

Penggunaan simbol sebagai elemen yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

8. Comparation
Membanding-bandingkan objek yang satu dengan objek yang lainnya. Hal terbodoh yang paling parah adalah menggunakannya untuk arti yang kelewat harfiah, perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan produk, meski sering juga ide ini diganti dengan hal yang lain, beragam bentuk yang berbeda.
Spoiler for gambar:

Namun pada dasarnya sama, yaitu membuat perbandingan sebagai elemen yang menarik perhatian.

9. Repetition & Accumulation

Pengulangan objek dengan distorsi akhir sebagai unsur yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

10. Denial
Spoiler for gambar:
[/IMG][/IMG]

Penyangkalan terhadap yang ditampilkan sebagai unsur yang menarik perhatian.

11. Exaggeration Distortion

Hal yang wajar dilebih-lebihkan, dijadikan unsur untuk menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

12. Subtraction Distortion
Hal yang wajar malah dibuang kewajarannya dan dijadikan unsur untuk menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

13. Paradox
Hal yang tak mungkin jadi elemen utama yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

14. Ambiguity
Bahasa visual yang bermakna ganda untuk menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

15. Absurd & Surrealism
Hal yang tak pernah dipikirkan orang, keanehan kejanggalan dan fantasi yang tak mungkin, dipakai untuk jadi unsur yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:


16. Optical Illusion

Permainan garis, bentuk, bidang dan warna yang dijadikan unsur yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

17. Violance Provocation
Sarkastis, hal yang berkenaan dengan kekerasan dan sadisme sebagai unsur yang menarik perhatian.
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:


18. Pornography Provocation
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

Di Indonesia jelas di larang. Tapi di beberapa negara diperbolehkan apabila tidak terlalu mengandung unsur erotisme pengundang birahi dan masih dalam kategori yang mengedepankan faktor intelektual. Konsep yang dalam penerapannya sering mengundang kontroversi.

19. Time Playing & Romantism
Spoiler for gambar:

Spoiler for gambar:

Membangkitkan romantisme masa lalu untuk menarik perhatian.
20. Perspective View
Spoiler for gambar:

Elemen grafis, foto dan objek sebagai bentuk perspektif dan menjadikannya elemen yang menarik perhatian. Elemen diafragma dalam fotografi, bagian-bagian DOF (Depth of Field), adanya bagian yang tajam dan blur juga merupakan konsep ini.
21. Humour
Spoiler for gambar:

Menggunakan humor dan hal-hal lucu sebagai unsur yang menarik perhatian.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=119746558&posted=1#post119746558

Tidak ada komentar:

Posting Komentar