Rabu, 20 Januari 2010

Mo-Tse yang Bijaksana




Mo-tse, yang juga disebut Mo Di, tinggal di Negara Song (abad ke-11 SM - 286 SM), selama Periode Negara Perang. Ia menjabat sebagai Da Fu (kepala staff) dari negara Song. Ia memberi teladan dengan gaya hidupnya yang sederhana dan hemat. Dia menulis sepuluh buku selama hidupnya. Ia kemudian dikenal sebagai Mo-tse, nama khusus untuk menghormati posisinya dalam sejarah.

Suatu hari, Mo-tse mendengar kabar buruk: Negara Chu berencana untuk menyerang Negara Song. Dia sangat prihatin akan hal ini. Jika perang pecah, Song akan ditaklukkan oleh Chu. Mo-tse merasa ia mempunyai tanggung jawab untuk mengamankan masa depan Song, dan ia memutuskan untuk pergi ke Chu untuk mencoba membujuk Raja Chu agar mengurungkan niatnya untuk perang.

Setelah tujuh hari perjalanan, Mo-tse tiba di Chu. Ia pertama kali bertemu dengan Gongshu Ban, ahli berbakat yang bertugas membuat tangga untuk menyerang benteng-benteng. Mo-tse berkata kepada Gongshu Ban, "Anda sedang membuat tangga yang akan dipergunakan untuk menyerang Song, tapi apakah Negara Song telah melakukan kesalahan terhadap hal ini? Chu memiliki lahan luas dan subur, sedangkan orang-orang di Song tidak memiliki tanah cukup bahkan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka kurang. Raja ingin menyerang Song, sebuah negara miskin, untuk meningkatkan Chu yang sudah kaya bukanlah tindakan yang bijaksana. Song tidak benar-benar melakukan hal yang menyinggung Chu. Menyerang Song tidak dibenarkan secara moral. Anda tahu apa yang terbaik. Jika Anda memilih untuk tidak menyadarkan raja, Anda tidak benar-benar setia pada negara. Jika Anda mengatakan kepadanya tetapi dia tidak mendengarkan, saya akan mengatakan Anda kurang berusaha dan tidak cukup meyakinkan. "

Gongshu Ban mengatakan kepadanya bahwa pikiran Raja tidak mudah berubah. Dan itu sulit bagi Gongshu Ban untuk memberikan sarannya sendiri untuk tidak menyerang Negara Song. Mo-tse menyadari bahwa ia harus bertemu dengan Raja Chu langsung dan berbicara agar dia membatalkan rencana untuk melakukan peperangan. Ketika Mo-tse akhirnya bertemu dengan Raja, ia tidak mengatakan niatnya segera. Sebaliknya, dia membuat sebuah kata kiasan, dengan mengatakan, "Kalau seorang kaya meninggalkan kereta kuda yang mahal untuk mencuri kereta rusak milik tetangganya yang miskin, dan jika ia tidak mengenakan pakaian sendiri yang mewah, tapi malah lebih suka untuk mencuri sebuah baju kaos dari tetangga yang miskin, jika ia mengabaikan hidangan steak lezat di mejanya, dan lebih suka untuk mencuri makanan tetangganya yang miskin yang hanya makan tanaman liar, orang macam apa dia, Yang Mulia?

Sang Raja menjawab, "Jika orang seperti itu ada, saya pikir dia pasti gila."

Mo-tse lalu berkata, "Negara Chu penghasil produksi terbaik pertanian dan hewan. Sebagai contoh, populasi rusa besar di rawa-rawa Yunmeng dan ikan dan kura-kura di Sungai Yangtze berlimpah. Chu adalah kerajaan terkaya di dunia. Lihat di Negara kami Song - sangat miskin sehingga para pemburu bahkan tidak dapat menemukan burung, ikan atau bahkan kelinci. Sangat kontras perbandingannya persis seperti steak daging VS tanaman liar. Negara Anda tertutup dengan hutan yang subur, namun Song tidak memiliki banyak pohon; itu adalah seperti membandingkan baju mewah dengan baju kaos. Saya mendengar bahwa Yang Mulia sedang merencanakan untuk menyerang Song. Bukankah itu gila untuk dilakukan? "

Raja Chu berkata, "Apa yang Anda katakan sangat baik. Tapi Gongshu Ban telah mempersiapkan tangga untuk menyerang benteng-benteng, dan dia bilang kami pasti bisa menaklukkan Song."

Merasakan mendapat sedikit harapan, Mo-tse meminta untuk raja memanggil Gongshu Ban. Ketika ia tiba, Mo-tse melepaskan jubah dan meletakkannya di atas meja, berpura-pura bahwa itu adalah benteng Song, dan ia melepaskan ikat kepala dan berpura-pura itu adalah tentara dan senjata Song. Gongshu Ban kemudian melanjutkan untuk memainkan permainan perang dengan Mo-tse di meja. Setelah perang sembilan putaran permainan, Gongshu Ban tidak bisa menemukan cara untuk memecahkan pertahanan Mo-tse. Gongshu Ban menjadi panik.

Gongshu Ban berkata, "Saya tahu cara untuk memecahkan pertahanan Song, tetapi saya tidak mau mengungkapkan hal itu." Mo-tse menjawab, "saya juga tahu apa metode serangan yang ada dalam pikiran anda, tetapi saya tidak mengungkapkan hal itu." Sang Raja sangat penasaran dan bertanya kepada Mo-tse apa yang sedang terjadi. Mo-tse berkata, "Gongshu Ban bermaksud membunuh saya, jadi Negara Song dapat ditaklukkan. Tapi ia tidak tahu bahwa murid saya, Qin Huali, dan 300 tentara sedang menunggu untuk menghalau serangan Anda dengan senjata berat dan taktik . Bahkan jika anda membunuh saya, pertahanan Song dan Chu tetap utuh dan tidak akan berhasil. " Raja Chu diyakinkan oleh Mo-tse dan membatalkan rencana perang.

Ketika Mo-tse berusia 82 tahun, ia membuat sebuah pengamatan berwawasan luas, "Saya telah melalui segala macam hal di dunia, dan Saya telah menyadari satu hal penting: Kekayaan, kehormatan, kekuasaan, semua adalah sementara. Saya telah melihat kehidupan duniawi ini, dan saya telah memutuskan untuk meninggalkan kekacauan masyarakat dan mengikuti Dewa Chi Songzi. Ia menetap di Gunung Zhoudi dan berkonsentrasi berkultivasi pada belajar Tao.

Ketika Dewa melihat pengabdian dalam kultivasi Mo-tse dengan rajin, ia memberikan Mo-tse buku sutra dengan kultivasi rahasia dan resep untuk membuat pil dengan menggunakan ramuan jamu. Dia juga memberi Mo-tse Tao buku-buku yang menjelaskan prinsip-prinsip dan teori Yin dan Yang. dengan total 25 jilid buku diberikan kepada Mo-tse. Dewa mengatakan Mo-tse, "Anda memiliki kualitas bawaan sangat baik untuk berkultivasi dan kecerdasan tinggi; setelah Anda mempelajari buku ini, Anda dapat menjadi seorang dewa. Anda tidak perlu menguasai yang lain."

Selama Periode Negara Perang, semua kerajaan yang berperang satu sama lain. Jika Mo-tse mau, dia bisa menjadi penasihat raja dan menikmati penghargaan dan kehormatan besar bagi kehidupan. Tapi ia tidak tertarik pada kehidupan manusia dan bertekad untuk mengembangkan Tao. Akhirnya, ia menjadi dewa.

Dari pandangan sejarah, segala sesuatu di dunia hanyalah ilusi. Hanya setelah melampaui dunia materi seseorang dapat melihat kebenaran dari alam semesta.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3187893

Tidak ada komentar:

Posting Komentar